Jumat, 14 Maret 2014

User Manual, Online Help dan Tutorial


·Bentuk-bentuk User Manual 
-Brief getting-started notes
-Introductory tutorial
-Thorough tutorial
-Quick reference card
-Conversation manual
-Detailed reference manual

·Cara Pengelompokkan materi tercetak dan online
Paper
Online
I want to buy it
sales brochure, fact sheet
demonstration program
I want to learn it
tutorial
Manual, tutorial, guide, animated demonstration
I want to use it
User’s Manual
Manual, Help, Context- Sensitive Help
I want to solve a problem
FAQ
Help, FAQ, online community

·User-manual guideline
-Pilih pendekatan berorientasi aksi (action oriented)
üSediakan kesempatan untuk langsung praktek
üDorong dan dukung eksplorasi dan inovasi
üHargai integritas kegiatan pengguna
üBeri contoh secukupnya
-Biarkan pekerjaan pengguna menentukan organisasi
üRancanglah aktifitas instruksi yang sesuai dengan pekerjaan pengguna yang sesungguhnya
üPaparkan konsep tugas sebelum memaparkan konsep dan aksi antarmuka
üCiptakan komponen instruksi yang mencerminkan struktur pekerjaan
-Dukung pencegahan dan penanganan kesalahan
-Dukung kemudahan pembacaan
·Materi Online: user manual, online help, context sensitive help, online tutorial, demonstrations, guides
-Keuntungan Manual Online:
üKeuntungan fisik
oInformasi tersedia dimana komputer tersedia
oTidak membutuhkan tempat khusus
oBisa di-update dengan cepat dan biaya murah
üNavigasi
oInformasi spesifik bisa dicari dengan cepat jika online manual dilengkapi indeks, daftar isi, daftar gambar, glosari, daftar keyboard shortcut
oPencarian bisa dilakukan dengan lebih cepat
oTersedia link baik internal maupun eksternal
üLayanan interaktif
oTersedia layanan bookmark dan annotate
oPenulis bisa memanfaatkan multimedia leih banyak
oTersedia online community
oPengguna cacat atau pengguna uang mobile bisa memanfaatkan screen readerdan mendengarkan instruksi
üKeuntungan ekonomis
oLebih murah untuk digandakan dan didistribusikan

-Kekurangan Manual Online:
üLebih sulit membaca dari layar dibandingkan membaca dokumen tercetak
üDisplay sering memuat lebih sedikit informasi, juga resolusi layar lebih rendah dibandingkan kertas
üAntar muka pemakai mungkin baru dan membingungkan bagi pemula
üNavigasi melalui banyak layar bisa mengganggu konsentrasi dan pembelajaran
üMembagi ruang layar untuk dua window, satu untuk ekerja dan satu untuk online material, mengurangi ruang untuk bekerja.
üPeralatan dengan layar kecil seperti HP dan PDA tidak cukup punya ruang untuk menampilkan online help/tutorial.
-Membaca teks kertas dari layar:
üPoor fonts, especially on low resolution displays
üLow contrast between characters and the background
üFuzzy character boundaries
üEmitted light from displays may be more difficult to read by than reflected light from paper
üGlare may be greater on displays
üScreen flicker can be a problem
üCurved display surface may be problem
üSmall displays require more frequent page turning
üReading distance can be greater than for paper
üDisplays are fixed in place
üDisplay placement may be too high for comfortable reading
üLayout and formatting problems
üReduced hand and body motions with displays as compared to paper may be fatiguing
üRigid posture for displays may also be fatiguing
üUnfamiliarity of displays and the anxiety that the image may disappear can increase stress
·Pembuatan Bantuan Online
-Kearsley's guidelines for online help systems:
üBuat help system mudah di akses dan mudah ditutup
üBuat help system se spesifik mungkin
üKumpulkan data untuk menentukan halp/bantuan online apa yang diperlukan pengguna
üBerikan kendali sebanyak mungkin pada pengguna
üBuat pesan-pesan bantuan akurat dan lengkap
üJangan menggunakan bantuan online sebagai kompensasi bagi rancangan antarmuka yang buruk

-Manual Online
üReproduksi manual tercetak dalam bentuk online
opaper page layouts may not convert well
odealing with figures problematic
oattractive if users have large enough display (full page)
oclose match between printed and online versions useful
üDitambah dengan fitur-fitur online khusus
ostring search
omultiple indices
omultiple tables of contents
otables of figures
oelectronic bookmarks
oelectronic annotations
ohypertext traversal
oautomatic history keeping
üPaling efektif jika dilakukan perancangan ulang agar sesuai dengan media elektronik untuk memanfaatkan:
omultiple windows
otext highlighting
ocolor
osound
oanimation
ostring search with relevance feedback
üDaftar isi yang di desain utk selalu tampak di samping halaman text sangat penting
üPengguna pemula membutuhkantutorial
üIntermittent knowledgeable usersbisa memahami deskripsi ringkas dari sintaks dan semantik antarmuka
üDaftar kata kunci (Keyword lists) akan lebih baik dengan pengelompokan berdasarkan kategori-kategori mudah dimengerti
-Tutorial Online bisa sangat efektif karena pengguna ...(Al-Awar et al)
üTidak harus berpindah-pindah antara layar dan materi toturial
üBerlatih ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan utk menggunakan sistem
üBisa bekerja sendiri tanpa harus malu karena membuat kesalahan di depan instruktur atau siswa lain
-Demonstration systems:
üDidistribusikan dalam bentuk disk, CD-ROM, atau melalui Internet
üDirancang untuk menarik pengguna potensial
üBiasanya memamerkan fitur-fitur sistem menggunakan animasi, gambar berwarna, dan suara.

üPersyaratan-persyaratan yg harus dipenuhi antarmuka :
oMampu menarik dan menjaga ketertarikan pengguna
oMampu menyampaikan informasi
oMembangun image produk yang positif

üKendali atas informasi yang disediakan
oautomatic or manual pacing
olength of demonstration (short versus in-depth)
ostop
oreplay
oskip
-Pemandu :
üBisa berupa seorang yang terkenal atau figur kartun yang membimbing pengguna menjelajahi informasi
üJaringan bantuan melalui email
oDikirim ke help desk atau personil yang sudah ditentukan
oDikirim ke daftar umum dalam organisasi
oPengguna harus mengungkapkan kekurang pengetahuan mereka secara publik
oAda resiko mendapat nasihat yang tidak tepat

üFrequently asked questions (FAQ) lists for newcomers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar