· Arsitektur Informasi :
§ Linear / Sequential : menceritakan
§ Hierarchial : Informasi Terorganisasi
§ Network/Web : exploring
· Isu Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas
· Navigasi
§ Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana bisa pergi
§ Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
§ Menyediakan indikator - you are here (Cascading menus,Thumbnail maps, Color coding)
§ Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)
· Atribut Usability
§ Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
§ Kendali dan kebebasan (undo n redo)
§ Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
§ Pencegahan kesalahan
§ Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
§ Estetika dan perancangan minimalis
§ Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan
· Isu Desain Interface :
ü Hyperlinks, Ions, and Buttons
Ø Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
Ø Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
Ø Bgmn kalo button dipilih : higlight atau berubah bntk
ü Penempatan : jangan gunakan centered text, allignment harus seragam di seluruh halaman web.
ü Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi, gunakan bullet2
ü Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer sebagai background.
ü Ukuran dan resolusi layar
· Poin2 perancangan Interface : tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS
· Metafora : Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.
· Isu-isu Metafora :
ü digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
ü bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
ü Gunakan metafora yang banyak dikenal
ü Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar