Response time = Waktu yang dihitung dari mulai user beraktivitas di depan computer, (memulai mengetik dll) sampai dengan computer meresponse.
User Think time = Waktu yang ada di pikiran user sebelum lanjut ke tahap selanjutnya
- Hal hal yang harus diperhatikan perancang :
1. Kompleksitas interaksi secara teknis
2. Kompleksitas tugas
3. Biaya
4. Keinginan user
5. Kecepatan performance
6. Error Rates
7. Error Handling
- Performa yang cepat, tingkat error yang rendah & tingkat kepuasan yang tinggi datang dari :
1. User sudah memahami objeknya dan mengerti menghandle errornya
2. Dapat menjalankan solusi tanpa menunda nunda
3. Tingkat kecemasan user rendah
4. Error dapat diatasi dengan mudah
5. Adanya timbal balik dari solusi yang diberikan
- Sumber error :
1. ketika user menghadapi error dalam suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut harusnya menyimpan solusi dari error tersebut di memori / diimplementasikan langsung
2. solusi diberikan bertahap agar mudah dimengerti oleh user
- kondisi optimal untuk problem solving / error solving :
1. response yang lama dapat menyebabkan kecemasan berlebih kepada user.
2. Jika response terlalu cepat pun dapat menyebabkan masalah karena user tidak mengerti apa sumber permasalahannya.
3. Maka dari itu solusinya harus memberikan dialog boxtentang prosesnya, sisa waktuyang dibutuhkan, atau blinking grafis
· Expectation & Attitudes
- Waktu respon yang terhambat : system mengalami error atau melambat ketika beban tugas terlalu tinggi dan performa kerja yang meningkat.
- 3 hal yang mempengaruhi waktu respon :
1. Pengalaman user terdahulu
2. Toleransi tiap individu untuk delay
3. Kompleksitas tugas
- Produktivitas User : sebuah task yang baik adalah ketika response time suatu task tidak mempengaruhi produktivitas user, ( waktu yang lama akan menghambat produktivitas si user, waktu yang terlalu cepat pun tidak baik karena kadang hasilnya tidak optimal)
- Variability / Perubahan : perubahan kecepatan respon dari suatu aplikasi tentu baik adanya karena user dapat mengambil keuntungan jika respon berjalan dengan cepat, user dapat mengambil keputusan selanjutnya dan dapat mengganti waktu yang hilang akibat menunggu.
· Frustating Experience
- Sebuah survey mengatakan 46 – 53% waktu dari user habis begitu saja, mayoritas mengatakan karena quality of service yang kurang, beberapa mengatakan karena adanya virus.
- 3 solusi untuk mengurangi Frustating Experience :
1. Mengurangi beban ingatan jangka pendek ( reduce short – term memory)
2. Memberikan informasi yang sejelas – jelasnya lewat interface yang ada
3. Meningkatkan otomasitas ( increase automacity)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar